Sabtu, 26 Oktober 2013

Siapa Sangka, Koran Ternama AS Juga Ulas Jokowi Blusukan - Artikel yang diterbitkan pada Rabu (25/9/2013) itu menceritakan bagaimana Jokowi kerap turun ke jalan untuk mendengar aspirasi warga Jakarta. Berita itu tak lupa menggambarkan bagaimana orang-orang selalu mengerumuni Jokowi saat ia blusukan ke pasar, daerah kumuh, dan lingkungan lainnya.

Media Amerika Serikat The New York Times memberitakan aksi blusukan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dalam kesehariannya memimpin ibu kota. 

Sang wartawan menulis bagaimana orang Jakarta menyalami Jokowi dengan meletakkan tangan Jokowi ke dahi mereka sebagai tanda hormat. The New York Times menyebut Jokowi sebagai pemimpin yang bersedia keluar dari kantornya.

Dalam artikel tersebut, The New York Times mewawancara analis dan pemimpin media massa mengenai pendapat mereka terhadap Jokowi.  

Dalam wawancaranya dengan The New York Times, Jokowi menjelaskan alasannya sering blusukan. Dengan datang ke lapangan, Jokowi bisa menjelaskan program-programnya, sekaligus menampung ide rakyat ke dalam programnya. “Orang bilang ini adalah demokrasi jalanan karena saya yang menemui mereka,” ujar Jokowi. 

Selain itu, The New York Times menyebutkan pencapaian kinerja Jokowi selama masa kepemimpinannya sejak Oktober 2012. Misalnya, Kartu Jakarta Sehat dan Kartu Jakarta Pintar, sistem pembayaran pajak secara online, dan dimulainya proyek transportasi massal.

Juga, upaya Jokowi merelokasi sekitar 7 ribu warga miskin di waduk Pluit Jakarta Utara ke rumah susun. Pemindahan penduduk ini selain merupakan upaya menyejahterakan warga, juga mengatasi banjir akut.

 

The New York Times juga menceritakan perjuangan Jokowi memindahkan pedagang kaki lima dari jalanan Tanah Abang ke dalam pasar yang dikenal sebagai pasar terbesar di Asia Tenggara tersebut, untuk mengurangi kemacetan di pusat Jakarta. 

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!